Alat Pemadam Kebakaran - Diskon Klik Gambar Ini

Minggu, 02 Oktober 2016

Kebakaran Pasar Senin Jakarta Yang Membuat Kocar-kacir

Kebakaran hari ini di Jakarta adalah headline yang tidak asing. Iya memang benar, kebakaran memang sudah sering kali terjadi di wilayah Ibu Kota Indonesia. Mulai dari tempat perbelanjaan, sekolah, perumahan, pertokoan dan lain sebagainya. Mungkin kita sebagai masyarakat biasa miris mendengarnya. Kenapa musibah seperti ini sering terjadi, apakah tidak ada suatu tindakan untuk mencegah musibah yang cukup meresahkan ini?

Kejadian kebakaran mungkin juga akan menjadi suatu traumatik tersendiri bagi para korban yang sudah merasakan panasnya si jago merah. Penyebab kebakaran itu sendiri juga bermacam-macam, terkadang karena konsleting listrik, kebocoran gas LPG, dan yang paling mengerikan karena unsur politik atau kepentingan sepihak.

Kebakaran Pasar Senen Bulan April 2014


Kebakaran hari ini di Jakarta pada Jumat, 24 April 2014 yang melahap Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dari 3.200 kios yang ada 2000 diantaranya sudah habis di makan si jago merah. Yang pertama di habiskan si jago merah adalah lantai 2 Blok III Pasar Senen. Pedagang yang berlalu lalang hanya bisa berdoa dan berusaha mengamankan beberapa barang dagangannya yang bisa diselamatkan.
Banyak dugaan penyebab terjadinya kebakaran hari ini di Jakarta berasal dari hubungan arus pendek yang berasal dari lantai II. Material yang mudah terbakar membuat api sulit dipadamkan, padahal kala itu 43 unit mobil pemadam kebakaran sudah diterjunkan tetapi karena banyaknya masyarakat yang bergerombol di jalan membuat mobil sulit masuk ke lokasi . Memang tidak ada korban jiwa, tetapi mereka harus menanggung kerugian yang banyak.
Diperkirakan kerugian pedagang akibat kebakaran hari ini di Jakarta mencapai Rp100 miliar, karena masing-masing kios pedagang menumpuk modal di atas Rp200 juta. Stok dagangan pedagang yang sudah habis terbakar hanya bisa meratapi nasib dan memperbaiki kios mereka sedangkan stok dagangan yang masih tersisa harus mereka gelar di pinggir jalan untuk mendapatkan pembeli, mereka harus menjual  50% lebih murah dari harga biasanya karena barang dagangan sudah kotor terkena abu dan puing-puing.

Kebakaran Pasar Senen Bulan September 2014


Kebakaran di Jakarta juga merambah Gedung Blok III Pasar Sene. Ketika itu si jago merah kembali menghanguskan kios-kios pedagang dengan ganasnya. Kali ini kebakaran disebabkan oleh percikan api dari tukang las dilantai atas gedung tersebut. Percikan api tersebut menyambar tumpukan pakaian bekas milik pedagang dilantai bawah, awalnya percikan itu diabaikan ternyata api semakin membesar sehingga membuat panik pekerja, pedagang dan pengelola pasar.
Tujuh unit mobil kebakaran kembali dikerahkan untuk meredakan si jago merah yang berkobar. Beruntung tidak ada korban jiwa, tetapi kembali para pedagang harus menanggung kerugian atas kejadian ini.
Banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hari ini di Jakarta, tepatnya yang meludeskan Pasar Senin. Para pedagang harus kembali berebut tempat lapak, banyak yang mengeluh lapak mereka di pinggir jalan direbut oleh pedagang dari blok lain. Dari pedagang lain banyak yang mengeluh dan protes karena banyaknya pedagang di pinggir jalan membuat lapak mereka di dalam pasar menjadi kurang laku.
Bermacam-macam cerita yang timbul akibat kebakaran di Jakarta. Para pedagang berharap Pemerintah Provinsi DKI untuk memberikan bantuan secara nyata dan cepat baik berupa bantuan tempat berdagang, bantuan psikologis, dana perbaikan ataupun pendataan.
Tidak bisa dipungkiri bahwa kebakaran hari ini di Jakarta menyimpan beban psikologi yang dalam mereka harus bangkit dari keterpurukan kembali berdagang untuk menyambung hidup tanpa terbebani bayang-bayang kebakaran yang pernah menghanguskan kios-kios mereka.